Gebuk Ceska, Beruang Merah Pimpin Klasemen

WROCLAW – Tampil agresif sejak menit pertama, membuat Rusia dengan gagah mengawali laga perdananya dengan meyakinkan. Kemenangan telak 4-1 atas Republik Ceska, membuat Rusia dengan pede menabalkan diri di pucuk pimpinan klasemen sementara grup A.

Babak Pertama
Di babak pertama tersaji jual beli tekanan dari kedua tim. Tapi setelah Rusia merebut inisiatif serangan, gol pemecah kebuntuan pun lahir di menit ke-14. Berawal dari umpan pendek Andrey Arshavin, sambutan kepala Alexander Kerzhakov menghadirkan kemelut usai membentur tiang. Alan Dzagoev yang kedapatan bola liar pun menyarangkan gola ke gawang Petr Cech. Kedudukan 1-0 untuk tim Beruang Merah.

Kondisi Ceska kian terjepit setelah tertinggal. Bahkan papan skor stadion Miejski dipaksa berubah menjadi 2-0 di menit ke-24 setelah Shikorov menggandakan keunggulan Rusia, berkat sontekan manisnya yang dibidani through pass Arshavin di sisi kanan pertahanan Ceska.

Di menit-menit akhir, Ceska terlihat berusaha keras untuk kembali merebut inisiatif serangan dengan tujuan akhir, memperkecil atau bahkan menyamakan skor. Tapi sayang, wasit Howard Webb keburu meniup peluit tanda turun minum.

Babak Kedua
Di interval kedua, Sbornaya (julukan lain Rusia), kembali menebar teror ketika babak kedua tepatnya lima menit setelah babak kedua dimulai. Sepakan keras Kerzhakov kembali nyaris menambah keunggulan jika saja tendangannya dari dalam kotak penalti, tak melayang ke atas mistar.

Sempat merasa lebih superior karena mendominasi penguasaan bola, Rusia tersentak perlawanan balik Ceska yang berujung gol di menit ke-52. Akselerasi cepat Jaroslav Plašil yang tak terhadang, membuatnya leluasa menyusur assist kepada Václav Pilar. Kesempatan pun tak disia-siakan Pilar untuk mengoyak jala Rusia yang dikawal Vyacheslav Malafeev. Skor 2-1 tetap untuk keunggulan Rusia.

Malam ini sepertinya bukan malamnya Kerzhakov. Sedari babak pertama, enam percobaan sudah dilayangkan Kerzhakov untuk turut menceploskan bola ke gawang Petr Cech. Hingga percobaannya yang ketujuh di menit ke-63 pun berkisah serupa. Tendangannya masih melenceng, padahal posisinya sudah berada di hadapan Cech.

Beralih ke menit 72, Ceska berusaha mengulang kesempatannya untuk kembali mencetak gol. Kali ini giliran Theodor Gebre Selassie yang coba mengancam. Meski sempat bikin cemas kubu Rusia, tapi sepakan spekulatifnya hanya menggetarkan jala luar dari gawang Malafeev.

Kapitaná Ceska, Tomas Rosicky tak ketinggalan melanjutkan parade perlawanan timnya. Sebuah upaya coba-coba dari luar kotak penalti pada menit ke-74, membuat Malafeev harus berjibaku. Sepakan mendatar Little Mozart – julukan Rosicky mampu diamankan Malafeev dengan heroik.

Sempat merasa pede karena punya serentetan peluang beruntun, Ceska kembali dikejutkan gol ketiga Rusia yang kembali disarangkan Dzagoev di menit ke-79. Sekejapnya Dzagoev berada di hadapan Cech, sepakan kaki kanannya tanpa ampun menaklukkan kiper pemenang Liga Champions musim 2011/2012 itu.

Kepapaan Ceska kian memilukan tiga menit kemudian. Roman Pavlyuchenko yang baru masuk menggantikan Kerzhakov, turut menyumbang kedigdayaan negerinya atas Ceska. Sepakan spekulatifnya yang melewati hadangan tiga bek Ceska, tak mampu dibendung Cech. Skor mutlah 4-1 pun terpampang di stadion Miejski, Wroclaw hingga babak kedua usai.

Susunan Pemain:
Rusia: Vyacheslav Malafeev, Sergei Ignasevich, Alexei Berezutski, Aleksandr Anyukov, Yuri Zhirkov, Roman Shirokov, Konstantin Zyryanov, Igor Denisov, Andrey Arshavin, Alan Dzagoev/Aleksandr Kokorin (84’), Alexander Kerzhakov/Roman Pavlyuchenko (73’)

Republik Ceska: Petr Cech, Roman Hubník, Tomáš Sivok, Michal Kadlec, Theodor Gebre Selassie, Jaroslav Plašil, Tomáš Rosický, Václav Pilar, Petr Jirácek/Milan Petrzela (76’), Milan Baroš/David Lafata (85’), Jan Rezek/ Tomáš Hübschman (46’)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.