Slider

Nasional

Sumsel

OKI

TIPS

Budaya

INSPIRASI

Olahraga

» » Tiga Singa Pulangkan Swedia

KIEV – Sembari melepas kutukan 43 tahun tak pernah menang di berbagai event kompetitif kontra Swedia, Inggris sukses membuat Swedia menjadi tim kedua yang angkat koper setelah Irlandia di grup C. Inggris mendulang kemenangan 3-2 atas Swedia.


Babak Pertama
Inisiatif penguasaan bola di awal-awal interval pertama sempat dipegang Swedia. Meski begitu, Inggris yang menelurkan peluang pertama. Umpan satu-dua Danny Welbeck dan Scott Parker membuahkan sepakan keras Parker ke gawang Swedia di menit ketujuh. Andreas Isaksson yang mengawal mistar Swedia masih mampu mementahkannya.

Inggris yang terus memainkan ciri khas dengan umpan-umpan panjangnya, akhirnya membuahkan hasil. Di menit ke-23, sebuah umpan terukur skipper Steven Gerrard, sukses dikonversi tandukan Andy Carroll. Papan skor stadion Olimpijs'kyj-pun berubah 1-0 untuk Inggris.

Tiga menit berselang, serangan kembali mengarah ke pertahanan Blagut – julukan Swedia. Ashley Young yang lepas dari jebakan off-side, menyusup ke sisi kanan kotak penalti Swedia. Beruntung bagi Swedia, finishing Young masih tipis menyamping ke tiang dekat Isaksson. Sampai tiba turun minum, papan skor tetap memampang angka 1-0 untuk keunggulan Inggris.

Babak Kedua
Menyeberang ke 45 menit kedua, Swedia yang tampil lebih ngotot tak butuh waktu lama untuk menyamakan skor. Berawal dari tendangan bebas Zlatan Ibrahimovic yang kemudian melahirkan situasi scrimmage di kotak penalti Inggris.

Setelah Ibra – sapaan Ibrahimovic kembali menyepak bola pantulan, timbullah kemelut yang membuat pertahanan Inggris kelimpungan. Tak diduga Olof Mellberg muncul dan melepaskan tendangan yang tak mampu dibendung Joe Hart. Bola yang sempat liar mengenai tubuh Glen Johnson dan terhitung gol bunuh diri.

Swedia kian trengginas, sementara Inggris justru terlihat panik. Gawang Hart harus terbengong-bengong usai jaring gawangnya kembali koyak selang 10 menit dari gol pertama Swedia. Aktornya lagi-lagi sang veteran Mellberg yang menanduk umpan Sebastian Larsson dan membalikkan kedudukan 2-1.

Gaffer (pelatih) Roy Hodgson mulai melakukan reshuffle yang ternyata berbuah positif. Masuknya Theo Walcott pada menit ke-61, menajamkan serangan Inggris. Di menit ke-63, tandukan John Terry nyaris kembali menyamakan skor andai tandukannya tak diselamatkan Isaksson dengan heroik.

Walcott muncul sebagai penyelamat (sementara) di menit ke-64. Percobaan sepakan dari luar kotak penalti Swedia meretas gol kedua Inggris. Lesakkan bola Walcott yang sedianya hanya mengarah ke tengah gawang, tak mampu dibendung Isaksson. Kiper PSV Eindhoven itu mati langkah usai terhalang kerumunan pemain Swedia dan Inggris yang berjubel di hadapannya. Skor kembali imbang 2-2.

Permainan kedua tim kian terbuka. Swedia kembali meretas peluang berikutnya di menit ke-75. Assist Martin Olsson hampir menuai gol ketiga Swedia jika saja sontekan mengarah beberapa inci di bawah mistar gawang. Kenyataannya, arah bola melayang ke atas Hart.

Dua menit kemudian, giliran Ibra yang meneror Hart dengan mencoba peruntungannya dengan sepakan keras. Hart masih mampu dengan gemilang mengandaskannya. Tapi semenit berselang, Swedia yang justru kecolongan gol ketiga.

Diawali akselerasi Walcott yang tak terhadang, assist pendek ke mulut gawang pun dikirimnya dan sempat ditadah Welbeck. Dengan cantiknya, back-heel Welbeck mengubah skor 3-2 untuk keunggulan St. George’s Cross.

Sebelum berakhirnya laga, Inggris kembali mengoleksi peluang emas di menit 90+2. Walcott yang kembali lepas dari hadangan bek-bek Swedia, melayangkan umpan ke tengah kotak penalti. Nahas, akibat berbenturannya posisi Steven Gerrard dan Alex Oxlade-Chamberlain, sontekan Chamberlain mesti mengenai tubuh Isaksson. Laga pun berkesudahan 3-2 untuk Inggris.

Hasil poin sempurna The Three Lions, melonjakkan posisi di klasemen grup D ke tempat kedua di bawah Prancis yang menang 2-0 atas Ukraina di partai kedua grup. Sementara, berbekal poin nol di dua laga, Swedia terpaksa menjadi tim kedua setelah Irlandia yang pulang paling ‘pagi’ karena tak ada kans lolos ke perempat final Euro 2012.

Susunan Pemain: Swedia: Andreas Isaksson, Jonas Olsson, Olof Mellberg, Andreas Granqvist/Mikael Lustig, Martin Olsson, Rasmus Elm/Christian Wilhelmsson (81’), Kim Källström, Anders Svensson, Zlatan Ibrahimovic, Sebastian Larsson, Johan Elmander/Markus Rosenberg (79’)

Inggris: Joe Hart, John Terry, Joleon Lescott, Ashley Cole, Glen Johnson, James Milner/Theo Walcott (61’), Steven Gerrard, Scott Parker, Ashley Young, Andy Carroll, Danny Welbeck/Alex Oxlade-Chamberlain (90’).


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: