Slider

Nasional

Sumsel

OKI

TIPS

Budaya

INSPIRASI

Olahraga

» » Singkirkan Ceska, Portugal ke Semifinal

Cristiano Ronaldo. (Foto: Reuters)
Portugal menjadi negara pertama yang lolos ke babak semifinal Euro 2012. Tiket diraih setelah Seleccao das Quinas menumbangkan Republik Ceska 1-0 pada babak perempatfinal.

Dalam pertandingan yang berlansgung di National Stadium, Jumat (22/6/2012) dini hari WIB, pelatih Portugal Paulo Bento kembali mengandalkan Luis Nani dan Cristiano Ronaldo, untuk membantu Helder Postiga dalam menggedor pertahanan Ceska.

Sementara itu, Ceska tidak dapat menurukan salah satu pemain terbaiknya Tomas Rosicky karena mengalami cedera. Posisi gelandang Arsenal ini digantikan oleh pemain muda Vladimir Darida. Kedua tim terlihat masih hati-hati pada babak pertama.

Babak Pertama
Menit ke-10, Portugal mendapatkan kesempatan pertama lewat Joao Moutinho. Menerima umpan sodoran dari Nani, Moutinho melepaskan sebuah sepakan dari luar kotak penalti. Tapi, tendangannya masih terlalu mudah ditangkap Petr Cech.

Tanpa kehadiran Rosicky, terlihat permainan Ceska sulit sekali berkembang. Varida tidak mampu mengisi peran yang ditinggalkan Rosicky. Tim berjuluk Narodak ini hanya dapat mengandalkan serangan lewat sayap saja dan jarang mendapatkan peluang.

Portugal kembali mencoba mengancam gawang Ceska. Kali ini Ronaldo yang mendapatkan kesempatan pada menit 21. Sayang, tendangan bintang Real Madrid ini masih bisa diblok oleh Cech.

Sembilan menit kemudian, Ronaldo kembali mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol. Menerima umpan silang dari Pepe, mantan bintang Manchester United meneruskannya dengan tendangan salto, tapi masih melebar dari gawang Cech.

Beberapa saat menjelang turun minum, peluang untuk mencetak gol kembali terbuka. Sekali kontrol bola, CR7 (sapaan Ronaldo) mencoba melepaskan tendangan mendatar. Sayang, bola hanya mengenai mistar gawang. Skor tanpa gol bertahan hingga turun minum.

Babak kedua
Saat wasit Howard Webb meniup tanda dimulainnya pertandingan babak kedua, Portugal langsung mengambil inisiatif serangan. Dua menit dari babak pertama, pemain pengganti Hugo Almeida mendapatkan peluang untuk mencetak gol.

Berawal dari umpan silang yang dilepaskan gelandang Portugal Raul Meireles dari sayap kanan, Almeida melompat untuk menanduk bola. Sayang, tandukannya masih melambung dari gawang Ceska.

Pada menit 51, CR7 kembali mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol. Kali ini lewat tendangan bebas dari jarak 30 meter. Naas, bola hasil sepakan keras pemain termahal dunia ini kembali hanya membentur mistar gawang.

Seperti pada babak pertama, pelatih Michal Bilek kembali menumpuk delapan sampai sembilan pemain di depan gawang Cech. Ini membuat Portugal begitu dominant menguasai lini tengah pada pertandingan babak perempatfinal ini.

Portugal terus menekan pertahanan Ceska. Peluang kali ini datang dari Nani. Winger Manchester United ini melepaskan sebuah tendangan keras dari luar kotak penalti, tapi masih dapat diblok oleh Cech.

Satu menit kemudian, gawang Ceska sempat kebobolan oleh tandukan Almeida. Namun, Webb menganulir gol tersebut, karena menganggap penyerang Besiktas ini sudah berada pada posisi offside. Cech seperti menjadi sasaran tembak pemain Portugal.

Giliran Joao Moutinho yang mendapatkan kesempatan untuk menjebol jala Ceska. Dia melepaskan sebuah tendangan dari luar kotak penalti. Lagi-lagi, aksi gemilang dilakukan Cech untuk menjaga gawang Narodak tetap perawan.

Usaha Ronaldo dkk untuk mencetak gol tercipta juga. Pada menit 78, Ronaldo berhasil membobol gawang Ceska. Berawal dari umpan silang Moutinho, bola hasil tandukan CR7 tidak mampu dihentikan Cech. 1-0 Portugal mememimpin.

Gol Ronaldo ini bertahan hingga pertandingan berakhir. Pada pertandingan babak semifinal, skuad Bento akan berhadapan dengan pemenang antara Spanyol yang akan berhadapan dengan Prancis, yang akan bermain Minggu dini hari WIB.

Susunan Pemain
Ceska: Cech; Gebre Selassie, Sivok, Kadlec, Limbersky; Hubshman (Pekhart 85), Plasil; Jiracek, Darida (Razek 61), Pilar; Baros.

Portugal: Patricio; Pereira, Pepe, Alves, Coentrao; Meireles (Rolando 87), Veloso, Moutinho; Nani (Custodio 84), Postiga (Almeida 40), Ronaldo.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: