Slider

Nasional

Sumsel

OKI

TIPS

Budaya

INSPIRASI

Olahraga

» » Stadion Municipal Poznan, Balon "Membungkus" Sepak Bola

Municipal Stadium, atau yang disebut Stadion Miejski dalam bahasa setempat, terletak di kota Poznan, di barat Polandia. Stadion yang berlokasi dekat dengan bandara kota ini terkenal dengan suasananya yang sangat nyaman.
Stadion ini sebenarnya sudah berdiri sejak tahun 1980, namun kemudian direnovasi dan dibuka kembali pada September 2010. Peresmiannya dibuka dengan konser musisi asal Inggris, Sting, yang tengah mempromosikan album barunya berjudul Symphonicities.
Bentuknya mirip dengan rumah balon berwarna putih. Atapnya bisa menutup dan membuka. Butuh 12 tahun untuk menyelesaikan konstruksi stadion ini. Namun, rencana kolam renang dan gimnasium belum juga terealisasi.
Meski begitu, stadion ini sudah cukup megah. Drama pertandingan sepak bola seolah dibungkus balon raksasa.
Stadion ini menjadi kandang bagi dua klub besar Polandia, KS Warta Poznan dan KKS Lech Poznan. Pertandingan internasional terakhir di tempat ini terjadi pada September 2010 antara Lech dan Salzburg FC dalam babak penyisihan grup UEFA Europa League. Lech menang 2-0.
Municipal Stadium Poznan juga menjadi saksi kemenangan tim U-19 Polandia yang berhasil menggulung tim Pantai Gading dengan skor 3-1 pada November 2010.
Di Piala Eropa 2012, stadion ini akan dipakai untuk tiga pertandingan Grup C. Kroasia lawan Irlandia digelar pada 10 Juni, Italia lawan Kroasia pada 14 Juni, dan Irlandia lawan Italia pada 18 Juni. Tiga pertandingan Grup C lainnya digelar di Stadion PGE Arena.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: